International Standart Organization [ISO] telah menetapkan ukuran-ukuran dari peti kemas adalah sebagai berikut :
Kontainer Ukuran 20 Feet
Ukuran Luarnya : 20‘ [panjang] x 8‘ [lebar] x 8,6' [tinggi] atau 6.058 x 2.438 x 2.591 M.
Ukuran Dalamnya : 5.919 x 2.340 x 2.380 M.
Kapasitasnya : Cubic Capasity : 33 Cbm.
Pay Load : 22.1 Ton.
Kontainer Ukuran 40 Feet
Ukuran Luarnya : 40‘ [panjang] x 8‘ [lebar] x 8,6' [tinggi] atau 12.192 x 2.438 x 2.591 M.
Ukuran Dalamnya : 12.045 x 2.309 x 2.379 M.
Kapasitasnya : Cubic Capasity : 67.3 Cbm.
Pay Load : 27.396 Ton.
Kontainer Ukuran 45 Feet
Ukuran Luarnya : 40‘ [panjang] x 8‘ [lebar] x 9,6' [tinggi] atau 12.192 x 2.438 x 2.926 M.
Ukuran Dalamnya : 12.056 x 2.347 x 2.684 M.
Kapasitasnya : Cubic Capasity : 76 Cbm.
Pay Load : 29.6 Ton.
Ukuran muatan dalam pembongkaran/pemuatan kapal peti kemas dinyatakan dalam TEU (twenty foot equivalent unit). Oleh karena ukuran standar dari peti kemas dimulai dari panjang 20 feet,
maka satu peti kemas 20’ dinyatakan sebagai 1 TEU dan peti kemas 40’
dinyatakan sebagai 2 TEU atau sering juga dinyatakan delam FEU (fourty foot equivalent unit)
Sejarah Peti Kemas
Ide untuk menggunakan peti kemas pertama kali di berikan oleh Malcolm McLean. Bliau adalah seorang pengusaha yang bergerak di bidang pengangkutan darat dengan nama McLean Trucking, sebuah perusahaan trucking dengan fleet terbesar
ke-5 di Amerika Serikat pada tahun 1956. Jumlah armada truknya saat itu
mencapai 1776 buah dan memiliki 37 terminal atau depo. McLean kemudian
membeli perusahaan Pan Atlantic Oil Tanker yang memiliki kapal tanker
yang sudah karatan, mengubah nama perusahaan ini menjadi Sea-Land Inc.
Dan memodifikasi 2 kapal tanker yang bernama “IDEAL-X” dan “ALMENIA”.
Kapal-kapal inilah yang digunakan untuk mengangkut kontainer pada
pelayaran pertamanya.
Pelayaran pertama kapal “IDEAL-X” dimulai pada tanggal 26 April 1956
dengan mengangkut 58 kontainer dan 15,000 ton muatan curah petroleum
dari Newark ke Houston. Ukuran petikemas saat itu adalah 35 feet long.
Selanjutnya, McLean memodifikasi kapal tanker lainnya menjadi kapal
yang hanya mengangkut peti kemas dengan nama “MAXTON” pada tahun 1956.
Pada April 1966, perusahaan United States Lines (USL) memulai
pelayaran pertama menyeberangi samudra Atlantik yang mengangkut
kontener. Tetapi, mereka hanya mengangkut kontener 140 x 20” kontener
dan muatan konvensional setiap minggunya dengan kapal “AMERICAN RACER”.
Sebulan kemudian, Sea-Land Inc mengikuti dengan pelayaran pertamanya
ke Eropa yang hanya mengangkut kontener dengan kapal “FAIRLAND”. Kapal
ini berangkat dari Port of Elizabeth, New Jersey pada tanggal 23 April
1966 dengan mengangkut 226 x 35” kontener dan tiba di Rotterdam pada
tanggal 3 Mei 1966.
Dalam perjalanannya, group usaha ini dijual ke Maersk pada akhir
tahun 1990an dan nama perusahaannya menjadi Maersk Sea-Land Inc.
0 komentar:
Posting Komentar